Label

Senin, 06 Desember 2010

PERUBAHAN SULIT But BISA Or BISA But SULIT??

Wah wah wah sabar sob jangan emosi dulu liat judulnya yang mbulet, biarkan si Debu kecil ini menuliskan apa yang ada disisa otaknya, kalau temen-temen mau baca sampai akarnya insyaallah temen –temen akan ngerti apa yang dimaksud judul diatas, ok ^_^
Pasti temen-temen semua ngerti dunk arti kata perubahan?? Kalau diliat secara kasat mata… ceile kayak makhluk kasar aja, perubahan itu ada 2 arah sob, yang pertama perubahan kearah positive (lebih baik) yang kedua perubahan kearah negative (tambah parah) tentu semua orang yang punya akal dan mau berfikir pasti memilih perubahan kearah yang lebih baik, kalau orang yang nggak mau berfikir pasti mereka jalani hidup ini apa adanya aja, malah kadang lebih buruk. Rugi
banget bukan? Pasti rugi.
kalau kita pernah melihat temen-temen kita atau saudara-saudara kita yang hobinya pacaran, nyelingkuhin pacarnya ampek kebablasan dan akhirnya terjadi HTS alias hamil tanpa status, iiiiihhh serem!!? Dan ngelakuin hobi-hobi maksiat lainnya yang ada didunia ini. “wah lengkap banget tu dosanya” mungkin kita bertanya-tanya “bisa nggak ya mereka berubah? Atau mungkin malah temen-temen sendiri yang ngelakuin? “Wah ati ati tuu….”
sebetulnya mereka yang berbuat maksiat itu tahu kalau itu semua salah, tapi sayangnya mereka nggak paham, ingat paham dan tahu itu berbeda, kalau tau itu kita hanya sebatas mengetahui aja tapi gak mau melaksanakannya, beda kalau kita paham kita mengetahui dan juga mau melaksanakannya.
Example kalau kita ulangan agama ne ceritanya terus ada soal “menutup aurat itu hukumnya?” pasti temen –temen jawab “ hukumnya wajib” itu artinya kita tahu, tapi kalau kita sudah tahu menutup aurat itu wajib terus kita nggak mau melaksanakannya itu berarti kita nggak paham.
“Terus apa hubungannya mas sama judul yang ada di atas????!!!!!”
“sabar sob baca dulu lanjutannya, yuk kita lanjutin…”
Bukan Allah Yg Salah
Sedikit cerita ne sob tapi jangan ampek ketiduran ya! Cz ne bukan dongeng, aku punya sahabat agamanya Islam tapi dia jarang banget sholat bahkan nggak pernah, hobinya pacaran, rea reo sana sini, judi ampek miras, terus aku tanya ke dia “eh sob gak bosen tiap hari bikin dosa? Apa gak mau tobat? Berubah kearah yang lebih baik gitu lho?” terus dia jawab “ ya pengen sich, tapi ya mungkin aku belum dapet hidayah aja dari Allah”
Ini ni sobat jawaban yang kedengarannya enak tapi amat salah, parahnya lagi kadang kita menggunakan jawaban ini, kalau kita bilang kita belum berubah atau tobat karena belum dapet hidayah dari Allah itu artinya sama aja kita menyalahkan Allah karena Allah nggak ngasih hidayah ke kita. Dasar kerak telor udah salah nyalahin Allah lagi!!! Ingat sob Allah itu maha benar n tak pernah salah jadi gak mungkin kita bisa nyalahin Allah, kalau kita mau menyadari sesungguhnya Allah itu udah ngasih Hidayah itu ke kita, yaitu lewat AL-QUR’AN. Yuk kita simak sama-sama firman Allah berikut ini

“(AL-QUR’AN) ini adalah penerang bagi seluruh manusia dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertaqwa” (T.Q.S Ali Imran : 138)

Nah udah jelas kan saudara-saudara? Hidayah itu gak mungkin kita dapat hanya dengan kita tidur-tiduran aja, that is impossible, jadi hidayah itu perlu kita cari dan perlu kita jemput, masak pacar doank yang dijemput hidayah juga donk, hehehe ada yang kesindir tuuu.

TIPS – TIPS
Mungkin sobat – sobat muslim kadang merasa berat untuk memulai suatu perubahan, dan kadang ada yang sudah mulai merubah dirinya jadi lebih baik, terus ada godaan detengah jalan akhirnya balik lagi ke masa-masa jahiliyah, maka dari itu si Debu kecil ini mau ngasih beberapa tips buat sobat sobat muslim yang selalu setia baca bulletin MS yang oke ini, hehehe promosi dikit ^_^?

1. Harus dipaksa
Kejam banget mas ampek dipaksa segala? Ya emang musti gitu sobat, jika kita mau berubah jadi muslim yang lebik baik kita harus memulai itu semua dari diri kita sendiri jadi kitalah yang akan merubah diri kita sendiri bukan orang lain, kalau terasa berat ya harus dipaksa, ya emang ada peran dari orang lain tapi hanya sedikit aja, niat kitalah yang lebih penting, yuk kita simak lagi firman Allah berikut ini
“Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum sebelum kaum itu merubah keadaan mereka sendiri”(T.Q.S ar ra’du : 11)
jadi Allah tidak akan menbantu kita untuk berubah jadi muslim yang lebih baik sebelum kita mau merubah diri kita sendiri.

2. Merapatkan diri pada Allah
Mustahil muslim yang jauh dari Allah itu baik akhlaknya, jadi kalu kita mau menjadi muslim yang alkhlaknya oke kita harus mendekatkan diri kita pada Allah, menjalankan semua perintahnya, jangan sampek ada perintah Allah yang nggak kita laksanakan, n jauhi semua laranganya, karena yang membuat kita jadi muslim yang buruk adalah karena kita melaksanakan larangan Allah,

3. Ngaji yuk?
Yapz ngaji, mengkaji ilmu Islam itu harus kita laksanakan, dengan kita mengkaji Islam kita jadi mengerti apa aja yang harus kita laksanakan dan apa aja yang tidak boleh kita laksakan sebagai seorang muslim, dengan begitu kita bisa menjadi muslim yang lebih baik.

4. Merasa selalu diawasi
Jika kita sudah mau berubah jadi muslim yang lebih baik dan perubahan itu sudah kita mulai jangan sampai kita kembali lagi ke jaman jahiliyah yang pernah kita lakukan dulu, gimana mas caranya? Begini Sob, kita harus yakin kalau Allah selalu mengawasi kita, dan apa aja yang kita lakukan pasti akan kita pertanggung jawabkan kelak dihadapan Allah, dengan seperti itu kita akan selalu merasa takut untuk kembali melakukan kemaksiatan karena merasa diawasi oleh Allah,

Kembali ke Judul yang ada diatas sob, ada 2 semboyan tentang perubahan pertama SULIT But BISA yang ke kedua BISA But SULIT, apa maksudnya mas? Jadi gini maksudnya sulit tapi bisa itu kita merasa perubahan itu sulit tapi kita tetap yakin kalau kita bisa, itu artinya kita optimis, lain lagi kalau bisa tapi sulit, kita merasa bisa untuk berubah kearah yang lebih baik tapi disisi lain kita merasa sulit untuk berubah, itu artinya kita pesimis, mana semboyan yang harus kita pegang???? Yapz SULIT But BISA, jadi nunggu apa lagi? Ayo kawan umur kita nggak lama, kepalkan tanganmu, yakinkan hatimu n bertekatlah untuk jadi muslim yang lebih baik.


“Terus kalau udah berubah jadi lebih baik, mau ngapain lagi mas?”
“Bobok aja ampek kiamat, hehe ^_^? ya gak lha sobat yang harus kita lakukan adalah….”

To Be Agent Of Change
Nah inilah langkah yang harus kita lakukan setelah kita berhasil berubah menjadi muslim yang baik, menjadi agent of change, “apa artinya mas?” “Aduuh gak gaul banget kamu bahasa jawa gini aja nggak ngerti,” artinya kita harus bisa menjadi agen perubahan, kita harus bisa merubah temen-temen kita yang masih suka bikin dosa, gamana caranya? Yaitu lewat dakwah, bahasa gaulnya amar ma’ruf nahi mungkar, yang sekarang lagi dilakuin temen-temen MS ini, hehe promosi lagi dach, afwan ^_^? Gak perlu nunggu kita jadi kiyai atau bunyai, sampaikan aja apa yang kita bisa, seperti kata rosulullah “sampaikanlah walau satu ayat”, pahalanya besar banget lho, dan gak ada putusnya sampai hari akhir nanti, kalau kita berhasil mengajak temen kita pada suatu kebaikkan maka pahala temen yang kita ajak tadi akan di copy paste ke kita tanpa mengurangi pahala temen kita tersebut., luar biasa bukan? Apa lagi kalau temen kita tadi berhasil mengajak temen-temen yang lainnya untuk berbuat baik, pahalanya juga akan di copy paste ke kita, jadi ayo sobat rubahlah diri kita dan orang lain agar menjadi muslim yang lebih baik.
Itulah sedikit kata yang bisa ditulis oleh si Debu kecil ini, semoga bermanfaat untuk temen-temen semua, , , Jazkallah khairan katsiran ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar